Aku Sok Jago, Gelaja Sindrom Jupolonginimini

Kalo anak kecil, naik kelas berarti baju baru, buku baru, teman-teman baru. Buatku, naik kelas kali ini adalah kehidupan baru, serpihan cerita yang nantinya bukan sekedar menjadi bagian dari hidupku, tapi menjadi hidup itu sendiri.

Hari ini pertama kali kami menginjakkan kaki di ruang kelas XI IA 1 (XI Ilmu Alam 1) sebagai siswa kelas XI. Ruangan ini tidak seperti sekolah di kota-kota besar yang dilengkapi pendingin ruangan, tegel putih atau pun kursi yang nyaman--setidaknya kursi yang terlihat bagus. Ruangan ini berada di sudut, ditutupi oleh ruang kelas X1, sehingga cahayanya agak kurang. Di sebelah kirinya ada kantin. Kalo pagi, alamak, bau bakso bikin gak nahan. Ini yang nantinya bikin aku susah shaum di hari sekolah dan makan bakso tiap hari.

Di kelas X1, aku duduk sebangku dengan Fitrah atau yang dulu sering aku panggil Trafi. Lupa. Aku beneran deh, lupa kenapa namanya bisa kupanggil kebalik gitu. Mungkin karena dulu lagi jaman kali yak, nama dibalik-balik, atau simply karena otakku yang sering kebalik.

Sehari sebelum masuk kelas, alias kemaren, aku, Uchy, dan beberapa anak-anak yang lain dateng ke ruangan XI IA 1. Niatnya sih, jalan-jalan, tapi akhirnya kita pada ngekapling tempat. Nah, jadilah kesepakatan kita waktu itu, aku duduk bareng Uchy. Tapi lupa, beneran, aku lupa kalo ada Fitrah yang mungkin pengen duduk bareng aku--hihi... aku kan, anak baik, gak suka GR kalo orang pengen duduk sebangku sama aku. Eewww.

Jadilah, hari ini, kita masuk, aku dan Uchy unyu-unyuan pengen sebangku bareng. Lah, tiba-tiba ada Fitrah,

"Nil, kita duduk bareng lagi yuk," dengan suaranya yang cempreng dan logat Makassar yang masih kentel banget. Kita kan, di Maros, walaupun berbatasan langsung sama Makassar, logat kita beda, lebih mendayu, mungkin pengaruh Bahasa Bugis. Makanya Fitrah menurutku agak beda.

"Hm... oo... iya, Fit. Kamu duduk sini aja dulu, aku masih pengen ngatur-ngatur tempat duduk anak-anak yang lain."

Aku gugup, beneran gak enak sama Fitrah. Akhirnya aku nyuruh dia duduk di tempatku, sebangku sama Uchy. Aku orangnya suka gak enakan, walaupun sering egois juga, aku gak enak milih di antara mereka berdua, jadinya suruh aja mereka duduk bareng, biar aku gak usah milih.

Hari itu, aku sok-sok an banget, jadi, kalo yang gak punya tempat duduk, aku yang nyariin dia tempat duduk yang menurutku--dan hanya menurutku--cocok buat mereka. Ceilee. Udah nih, ceritanya, semua udah pada dapet tempat duduk. Tiba-tiba, Irma ngomong ke aku,

"Nila, aku kok, duduknya jauh sih, dari Musda?" nadanya agak kecewa, tapi tetep ngejaga perasaanku, walaupun aku beneran bisa liat kalo dia kecewa--apa sebel ya? Irma itu anaknya agak pemalu. Dia pas kelas X deket banget sama Musda, mungkin dia ngerasa susah deket sama yang lain, udah PW kali sama Musda.

"Tar deh, Irma, aku tanyain dulu ke Musda."

"Musda," aku menghampiri Musda yang lagi duduk bareng temen-temen SMP nya di bangku bagian belakang, "mau pindah ke depan gak?" kebetulan di depan masih ada satu spot kosong, deket Irma.

"Gak Nil, makasih. Aku pengen duduk bareng anak-anak," maksudnya temen-temen SMP nya, Nirna cs.

Aku berjalan menuju Irma dengan santai. Dalam hati, "Irma kan, gak suka ngambek, gak lah ya, dia gak bakal marah."

"Irma, Musda gak bisa pindah ke depan, sorry ya," kupasang muka sok asik.

Irma gak ngomong. Melihat ekspresinya, aku tau dia beneran sebel sama aku. Gara-gara aku sok ngatur, dia duduknya jadi jauhan sama Musda. Dulu aku belum tau seberapa penting Musda buat dia.

Aku gak enak sama Irma, sama Fitrah, sama Uchy--aku udah janji duduk bareng dia--dan akhirnya kuputuskan untuk manggil wali kelas kita.

Katanya yak, wali kelas kita itu Pak Jupridin, guru paling ganteng se Kabupaten Maros menurutku. Aku nge-fans abis sama dia dari kelas X, sampe sekarang. Keanehanku pagi ini yang sok-sok ngatur anak-anak mungkin juga gejala sindrom Jupolonginimini, pengen keliatan hebat di depan Pak Jupridin. Hiyaaa, yang ada aku bikin masalah pagi-pagi.

Aku berjalan cepat--aku emang kalo jalan suka cepet, gak anggun deh--menuju ruang guru. Ceritanya ya, aku pengen keliatan jadi siswa yang care sama kelasnya, carper depan Pak Jupo'. Aku papasan sama Bapak di lorong antara kelas X1 dan ruang guru, nafasku tak karuan, berderu, bersahut-sahutan, bukan karena hampir nabrak Pak Jopo' sih--walaupun itu sebagian alasannya--tapi karena jalanku yang cepet udah kayak orang lari aja.

"Nila, mau ke mana?" tanya Bapak.

"Tadinya mau manggil Bapak. Ada masalah Pak, di kelas, anak-anak bermasalah sama tempat duduknya. Ada yang mau deket duduk sama siapa, ada yang gak mau deket duduk sama siapa," so drama queen, ckckck....

"Ya udah, balik ke kelas dulu aja, ini Bapak baru mau masuk."

Pas Pak Jupo' masuk, bangku akhirnya dibentuk jadi huruf U, kita cuman 30 orang di kelas, jadinya gampang ngaturnya. Waaahhh, lebih bagus, Irma akhirnya bisa deket duduk sama Musda, tanpa Musda ninggalin temen-temennya. Tapi aku tetep gak bisa duduk bareng Uchy atau Fitrah, aku duduk di samping Irma, antara Musda dan Irma.

Waaahhh, akhirnya kita semua dapet tempat duduk yang menyenagkan. Irma deket Musda, Musda deket Irma dan temen-temen SMP nya, Fitrah dan Uchy gak perlu merasa aku lebih milih salah satu di antara mereka, lagian aku udah gak bisa nyempil di antara mereka atau seenggaknya duduk deket mereka, soalnya kursinya udah taken, but no problemo. Aku akhirnya duduk di samping Irma, deket dengan Anti, buatku itu udah amazing, karena Pak Jupo' sendiri yang nyuruh aku duduk di situ, malah waktu aku bilang malu duduk deket mereka--Irma dan Anti--karena mereka pendiam banget sedangkan aku agak cerewet, takut mereka keganggu, Pak Jupo dengan wajah charming nya, bilang, "gak boleh gitu, kalian semua bersaudara, gak boleh pilih-pilih teman," klise memang, tapi ngena. Dengan aturan duduk kayak gini, nantinya aku sadar kalau Allah memberikan yang kita butuhkan, bukan yang sekedar kita inginkan. Tanya kenapa? Tanya kenapa? Find the answer at the next story ;)

Hari itu, Pak Jupo' ngajarin kita tentang kekompakan. Dia ngajarin kita untuk kompak, karena kita ini bersaudara. Kebanyakan wali kelas akan membicarakan tentang peraturan kelas di awal masuk, tapi Pak Jupo' nggak. Dia berbicara tentang kekompakan. Kata itu mungkin sederhana, bahkan terdengar klise, tapi siapa yang tau, kalau itu ternyata berbekas di hati kami. Kayaknya pas Pak Jupo' ceramah, anak-anak pada nutup kuping kiri, jadi masuk kuping kanan gak bisa keluar lewat kuping kiri, eh, malah nyangkut di hati. Kata inilah yang nantinya bikin kita jadi solid.

Memang kami di kelas itu umumnya berasal dari suku yang sama, tapi perbedaan sifat dapat menjadi penghalang jika kita mau mempermasalahkan. Namun, jika kita memilih untuk damai, we'll find out that love is everywhere from and for everyone.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

dhivar1818 said...

Huft...
diTunggu Lanjutan'y silong. Keren.. Keren ID'y.
Kalo butuh bntuan, hub. sj ank2 yg lain. wkwkwkw...

Syifa said...

speechless...

Nila said...

hahaaa.. iyo dipar.. knapa bukan kau sj dihubungi??

syifa.. :D

Post a Comment