Kangkung Tumis Saus Tiram--Lezat dan Murah--ala Nila

Beberapa hari ini, aku lebih sering masak dari hari-hari sebelumnya. Masakanku adalah kangkung dan ayam. Aku masih belum bisa berkreasi banyak dengan kangkung, jadinya, hanya ada kangkung tumis. Tapi aku bener-bener suka dengan kangukung tumis buatanku. Kangkung tumis saus tiram. Yummy.

Jadi ingat, dulu aku pernah masak kangkung tumus di rumah, dan adikku yang cowok menolak mentah-mentah, karena katanya rasanya seperti sayur mentah. Aku bener-bener gak tau apa yang salah. Tapi sekarang aku udah bisa masak kangkung tumis yang menggugah selera.


Bahan:

  1. 1 ikat Kangkung
  2. 1 sachet saos tiram
  3. 1 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 2 biji cabe merah
  6. 2 sdm terigu
  7. minyak untuk menumis
Iris bawang merah dan bawang putih, sisihkan. Biji cabe merah tidak terlalu sehat untuk dikonsumsi, makanya harus kita hilangkan sebelum diolah. Cararanya mudah. Ambil cabe merah yang masih ada batangnya, pencet sambil diputar-putar menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Tujuannya adalah agar biji cabe lepas dari gantungannya. Setelah itu, iris cabe secara vertikal, tepat di pangkal atas tengah cabe, terus sampai ke ujungnya, pukul-pukul pelan dengan pisau agar semua bijinya jatuh, lalu iris sesuai selera.

Panaskan minyak di atas wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, turunkan bawang merah. Bawang putih lebih cepat matang dibandingkan bawang merah. Setelah agak layu, turunkan bawang putih. Mmm... baunya menggugah selera. Turunkan satu sachet saos tiram, aduk hingga tercampur. Lalu masukkan air sedikit saja, agar saos tiram tidak lengket di wajan, dan tidak terlalu kental.

Setelah mendidih, masukkan kangkung dan cabe merah, aduk sebentar, tutup wajan. Setelah beberapa menit, buka tutupnya, kangkung agak layu, tambahkan air. Sambil menunggu air mendidih, campurkan terigu dengan air. Tujuannya agar kuah kangkung menjadi kental. Setelah air mendidih, masukkan air terigu, dan aduk hingga rata. Tambahkan air jika dianggap terlalu kental.


Jadilah kangkung tumis saus tiram dengan kuah kental. Selamat Mencoba :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment