Omurice ala Nila

Akhirnya aku memutuskan untuk mempraktekkan video yang aku liat di youtube (salah satunya doang). It was Omurice. Omurice adalah makanan Jepang yang kalo gak salah, artinya nasi ayam. Aku udah mulai suka dan pengen makan makanan ini sejak nonton Lunch Queen. Ngeliat cewenya makan Omurice bikin ngiler. Sayangnya bikin demiglace sausnya susah.

Okay, here we go. Omurice ala Nila.

Waktu itu lagi mau makan siang (kalo gak, sarapan yang digabung sekalian makan siang). Ina, temen kamarku, lagi shaum. Inspirasi ini kuperoleh dari kamar mandi (I was taking a bath while fantasizing about making an omurice. LOL). Entah Ina udah dapet ilmu dari Mama L*ren atau gimana, tiba-tiba dia tau kalo aku mau bikin omurice.

Tapi masalahnya, aku gak punya ayam. Akhirnya ke warung pengkolan beli telor dua biji dan satu sosis. Omurice yang awalnya adalah nasi ayam berhasil kupermak jadi nasi sosis ala anak kostan--minim ongkos. Okay, aku mulai iris bawang merah beberapa siung, dilanjutkan dengan nge-geprek beberapa siung bawang puting (maaf ya, lupa jumlahnya--short term memory chef wanna be). Gak lupa, sosis dipotong-potong, jangan sampe ketebelan, biar keliatan banyak.

Alrite. Panaskan minyak secukupnya. Begitu minyaknya lumayan panas, turunkan bawang merah dan bawang putih, tunggu hingga wangi.. Mmm.. yumm.. Setelah wangi, turunkan sosis, dan goreng hingga berwarna agak kecoklatan (pokoknya kira-kira aja deh, kalo waktu itu aku pake Sozzis, jadi suka-suka deh). Kemudian masukkan kecap Inggris, aduk beberapa saat, lalu masukkan nasi, sepiring aja, itu pun jangan banyak-banyak, yang kira-kira muat buat dimasukin dalam telor. Penggunaan kecap Inggris bukan karena alasan ilmiah, tapi kebetulan aja ada itu di dapur. Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya, plus penyedap rasa, dikit aja. You guys, can create your own fried rice.

Sekarang bikin telurnya. Kalo kemarin aku bikin sih, telurnya pas dicoba enak, tapi pas dimakan sama nasinya, agak asin, walaupun masih acceptable dan gak ngalahin tekstur telurnya yang masih lembut. Kocok lepas dua butir telur, tambah garam secukupnya. Nah, selanjutnya, panaskan teflon dengan minyak atau margarin, lalu masukkan telur saat munyaknya udah panas. Biarkan beberapa detik, agar bagian bawah telur mulai keras, tapi bagian atasnya belum mateng. Abis itu, masukin deh, nasinya. Tapi cuman setengahnya telor, terus matiin deh, komporya. gulung bagian telur yang gak ada nasinya, trus sisi yang berlawanan (walaupun ada nasinya) juga agak digulung. Tenang, ini keliatan susah dan berpotensi mess up, tapi jangan khawatir. Caranya, kalo kamu gak kidal, geser telornya ke sisi kiri teflon. Megang gagang teflon dari bawah, jangan dari atas. Lalu Tempelkan bibir piring pada bibir teflon (mudah-mudahan definisi bibir kita sama yak). Dengan cepat, sigap, namun tidak tergesa-gesa, balik teflon ke atas piring biar omuricenya mendarat di piring. Dan yaaaahhh.. jadilah omurice, tinggal hias pake saos atau kecap. Jadinya makan nasi goreng sosis sama telur yang teksturnya masih lembut dan wanginya.. mm... subhanallah.. Just try at home.

Anyway, gambar yang aku lampirin bukan my omurice, soalnya waktu itu kelaperan, keburu dimakan omuricenya..

Enjoy

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment