Amal Jama'i


Amal jama'i dapat didefinisikan sebagai "gerakan bersama untuk mencapai tujuan organisasi berdasarkan keputusan yang telah ditetapkan".

Ciri-ciri amal jama'i adalah:

  1. Aktivitasnya berdasarkan keputusan bersama
  2. Mempunyai sistem organisasi lengkap, aktivitasnya rapi dan tersusun
  3. Tidakan dan aktivitasnya sesuai dengan pendekatan yang disepakati
  4. Seluruh aktivitasnya bertujuan untuk mencapai cita-cita organisasi
Amal jama'i adalah bagian penting dalam amalan manusia sehari-hari. Ini merupakan kebutuhan. Lihat saja tubuh kita yang bekerja sama untuk melakukan aktivitas. Contohnya saja saat makan. Mulut tidak pernah bekerja sendiri untuk mengambil makanan, mengunyah, mengalirkan manfaatnya ke seluruh tubuh, lalu membuang sendiri sisanya. Tangan membantu mengambil makanan. Di dalam mulut, lidah membantuh gigi untuk meratakan kunyahan, begitu seterusnya.

Maka dari itu, amal jama'i merupakan fitrah seluruh alam. Tidak ada yang mampu berdiri sendiri, semua orang memerlukan orang lain untuk menjadi bagian dalam misinya.

Amal jama'i juga merupakan kewajiban syari'at. Dalam Al Qur'an surah Ali Imran Allah berfirman, "Dan berpeganglah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai ...." Allah mengisyaratkan bahwa manusia hendaknya selalu bersatu. Bukan kebersamaan secara fisik yang membuat manusia bersatu walaupun kebersamaan fisik akan lebih mudah menyatukan ide dan mengembangkan strategi. Melalui amal jama'i, kita dapat bersama-sama menggapai ridho Allah, dengan menjadi satu kesatuan yang kokoh dan saling mengikat. Dengan demikian susupan iblis yang senantiasa menggoda dapat diminimalisasi karena banyak yang akan mengingatkan sebelum kita melangkah lebih jauh pada jalan yang salah. Manusia telah diamanahkan untuk mengemban misi dakwah. Misi dakwah bukan hal yang mudah dilakukan sendiri. Adanya amal jama'i membuat beban akan semakin ringan.

Selain itu, sekarang kejahatan telah terorganisir. Ali bin Abi Thalib berkata bahwa kebaikan yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir. Sekarang iblis semakin canggih menggoda. Mereka memilih manusia-manusia canggih yang mampu meramu berbagai macam strategi yang ampuh untuk menaklukkan umat Muslim. Bila kita bergerak sendiri, mudah bagi "mereka" menghancurkan kita satu per satu. Di dalam amal jama'i kita saling menguatkan untuk mencapai tujuan dakwah.

Amal jama'i dapat lebih menjaga iman seseorang. Dengan beramal bersama, kita pun dapat memperoleh pahala yang lebih besar, misalnya pahala shalat jama'ah, serta dapat mencegah kefuturan.

diresume oleh: Nila Sartika Achmadi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment